
Jakarta, 17 Mei 2025 – PT KAI menargetkan 18.772.516 pelanggan untuk layanan Public Service Obligation (PSO) di tahun 2025, terdiri dari 11,5 juta pelanggan KA Jarak Jauh dan 7,2 juta pelanggan KA Lokal/Jarak Dekat. Program PSO ini merupakan wujud nyata dukungan pemerintah dalam menyediakan transportasi publik yang terjangkau dan merata di seluruh Indonesia.
Anne Purba, Vice President Public Relations KAI, menjelaskan bahwa hingga April 2025, volume pelanggan PSO sudah mencapai 5.788.555 atau 97,25% dari target periode yang sama. “Ini menunjukkan bahwa layanan PSO mendapatkan respons yang sangat positif dari masyarakat. Tingkat ketercapaian yang tinggi pada empat bulan pertama tahun ini menunjukkan bahwa kebijakan subsidi ini tepat sasaran dan dibutuhkan,” jelas Anne.
Untuk KA Jarak Jauh PSO, realisasi mencapai 3.756.486 pelanggan, melampaui target 3.611.417 atau 104%. Sementara KA Lokal/Jarak Dekat PSO terealisasi 2.032.069 pelanggan dari target 2.340.694, atau sekitar 86,8%. Kelebihan volume pada KA Jarak Jauh disebabkan pola perjalanan fleksibel yang memungkinkan satu kursi digunakan lebih dari satu penumpang.
Dengan capaian tersebut, KAI optimistis target tahunan 18,7 juta pelanggan dapat diraih. “KAI akan terus berupaya menjaga kualitas layanan PSO agar tetap andal, tepat waktu, dan terjangkau. Kami juga terus mendukung pemerintah dalam mewujudkan transportasi publik yang inklusif dan berkelanjutan,” tutup Anne.
(Redaksi)