
Jakarta, 15 Mei 2025 — PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung mencatat jumlah penumpang kereta api jarak jauh yang melonjak drastis selama lima hari libur Hari Raya Waisak 2025. Dari Jumat, 9 Mei hingga Selasa, 13 Mei 2025, tercatat sebanyak 168.170 pelanggan yang memanfaatkan layanan kereta api.
Jumlah penumpang tersebut melebihi kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 124.703 kursi. Dengan penerapan sistem okupansi dinamis, KAI Daop 2 Bandung mampu mengakomodasi hingga 135 persen dari kapasitas yang tersedia, sehingga bisa melayani lebih banyak pengguna.
Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardojo, mengungkapkan bahwa puncak jumlah penumpang terjadi pada Sabtu, 10 Mei 2025, dengan total keberangkatan sebanyak 35.098 pelanggan dari berbagai stasiun di wilayah Daop 2 Bandung.
“Selama masa libur panjang ini, KAI Daop 2 Bandung telah mengantisipasi lonjakan dengan menyiapkan layanan ekstra dan sistem okupansi dinamis, sehingga tetap bisa mengakomodasi lonjakan penumpang,” ujar Kuswardojo, Rabu 14 Mei 2025.
Menurut Kuswardojo, tingginya jumlah penumpang mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu. KAI Daop 2 Bandung berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan, termasuk kebersihan, ketepatan waktu, dan kenyamanan perjalanan.
Rute favorit selama libur Waisak meliputi Bandung – Gambir (Jakarta), Bandung – Yogyakarta, Kiaracondong – Lempuyangan, dan Kiaracondong – Kutoarjo.
Dari sisi stasiun, volume pelanggan tertinggi berada di Stasiun Bandung dengan 63.530 pelanggan, diikuti Stasiun Kiaracondong (33.073 pelanggan), Stasiun Tasikmalaya (12.884 pelanggan), Stasiun Banjar (7.862 pelanggan), dan Stasiun Garut (7.090 pelanggan).
Selain itu, seluruh perjalanan kereta api selama libur berjalan lancar dan tepat waktu berkat kesiapan personel, peningkatan pelayanan pelanggan, dan perawatan fasilitas stasiun dan kereta.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang terus memilih kereta api. Ke depan, KAI akan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan demi menghadirkan perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan,” pungkas Kuswardojo. (Redaksi)