
Jakarta, 15 Mei 2025 — PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung mengalami lonjakan luar biasa dalam penggunaan layanan kereta api jarak jauh selama libur panjang Hari Raya Waisak 2025. Dalam lima hari libur nasional mulai Jumat, 9 Mei hingga Selasa, 13 Mei 2025, tercatat sebanyak 168.170 pelanggan yang memanfaatkan moda transportasi ini.
Jumlah penumpang tersebut melebihi kapasitas kursi yang disediakan, yakni 124.703 tempat duduk, sehingga okupansi mencapai 135 persen. Hal ini dimungkinkan berkat penerapan sistem okupansi dinamis oleh KAI Daop 2 Bandung yang mampu menyesuaikan kapasitas sesuai permintaan.
Menurut Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardojo, hari dengan jumlah penumpang tertinggi adalah Sabtu, 10 Mei 2025, ketika 35.098 pelanggan diberangkatkan dari berbagai stasiun di wilayah Daop 2 Bandung.
“Selama masa libur panjang ini, KAI Daop 2 Bandung telah mengantisipasi lonjakan dengan menyiapkan layanan ekstra dan sistem okupansi dinamis, sehingga tetap bisa mengakomodasi lonjakan penumpang,” ujar Kuswardojo, Rabu 14 Mei 2025.
Lebih lanjut, Kuswardojo menyatakan bahwa tingginya animo masyarakat mencerminkan kepercayaan mereka terhadap kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu. KAI Daop 2 Bandung berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan, termasuk kebersihan, ketepatan waktu, dan kenyamanan perjalanan.
Beberapa rute kereta yang paling diminati selama libur Waisak ini adalah:
-
Bandung – Gambir (Jakarta)
-
Bandung – Yogyakarta
-
Kiaracondong – Lempuyangan
-
Kiaracondong – Kutoarjo
Adapun stasiun-stasiun dengan volume pelanggan terbesar selama periode libur ini adalah:
-
Stasiun Bandung: 63.530 pelanggan
-
Stasiun Kiaracondong: 33.073 pelanggan
-
Stasiun Tasikmalaya: 12.884 pelanggan
-
Stasiun Banjar: 7.862 pelanggan
-
Stasiun Garut: 7.090 pelanggan
KAI Daop 2 Bandung memastikan semua perjalanan kereta selama libur Waisak berjalan lancar dan tepat waktu, didukung oleh peningkatan layanan pelanggan, kesiapan personel, serta pemeliharaan fasilitas stasiun dan kereta.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang terus memilih kereta api. Ke depan, KAI akan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan demi menghadirkan perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan,” pungkas Kuswardojo. (Redaksi)