
Jakarta, 15 Mei 2025 — PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung mencatat peningkatan drastis jumlah pelanggan selama libur Hari Raya Waisak 2025. Selama lima hari libur nasional dari 9 hingga 13 Mei, sebanyak 168.170 pelanggan memanfaatkan layanan kereta api jarak jauh.
Jumlah ini melampaui kapasitas tempat duduk yang tersedia, yakni 124.703 kursi, sehingga okupansi mencapai 135 persen berkat penerapan sistem okupansi dinamis. Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardojo, menyatakan bahwa Sabtu, 10 Mei menjadi hari dengan jumlah penumpang tertinggi, yaitu 35.098 pelanggan yang berangkat dari berbagai stasiun.
“Selama masa libur panjang ini, KAI Daop 2 Bandung telah mengantisipasi lonjakan dengan menyiapkan layanan ekstra dan sistem okupansi dinamis, sehingga tetap bisa mengakomodasi lonjakan penumpang,” ujar Kuswardojo, Rabu 14 Mei 2025.
Ia juga menegaskan bahwa lonjakan penumpang menunjukkan kepercayaan masyarakat pada kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu. Komitmen KAI Daop 2 Bandung untuk terus meningkatkan kualitas layanan di berbagai aspek seperti kebersihan, ketepatan waktu, dan kenyamanan juga terus dipertahankan.
Rute favorit penumpang selama libur Waisak mencakup Bandung – Gambir (Jakarta), Bandung – Yogyakarta, dan Kiaracondong ke Lempuyangan serta Kutoarjo. Sedangkan stasiun dengan volume pelanggan terbesar adalah Stasiun Bandung yang melayani 63.530 pelanggan, Stasiun Kiaracondong dengan 33.073 pelanggan, disusul oleh Stasiun Tasikmalaya (12.884 pelanggan), Banjar (7.862 pelanggan), dan Garut (7.090 pelanggan).
Dengan dukungan personel yang siap dan pemeliharaan fasilitas stasiun serta kereta api yang terjaga, perjalanan selama libur Waisak berjalan lancar dan tepat waktu.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang terus memilih kereta api. Ke depan, KAI akan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan demi menghadirkan perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan,” tutup Kuswardojo. (Redaksi)