
Jakarta, 16 Mei 2025 – Menyambut libur panjang Waisak 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta (KAI Daop 1) menunjukkan kesigapan dan kesiapan luar biasa dalam menghadapi lonjakan penumpang. Dengan perencanaan matang dan koordinasi lintas departemen, Daop 1 berhasil melayani sebanyak 371.202 pelanggan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) selama periode libur dan cuti bersama.
Jumlah tersebut mencerminkan tingginya antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama selama liburan Waisak. Dari total 371.202 pelanggan, sebanyak 188.869 orang merupakan penumpang yang berangkat dari wilayah Daop 1, sementara sisanya, 182.333 penumpang, tiba di stasiun-stasiun tujuan di Jakarta dan sekitarnya.
“Dan 182.333 merupakan penumpang yang tiba di berbagai stasiun wilayah Daop 1 Jakarta,” ungkap Manajer Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, saat menjelaskan komposisi arus penumpang masuk dan keluar.
Dalam mendukung arus pergerakan penumpang, KAI Daop 1 mengoperasikan total 444 perjalanan KA selama periode Waisak, termasuk 30 perjalanan KA tambahan untuk mengantisipasi lonjakan. Dengan rata-rata 74 KA beroperasi setiap harinya, kapasitas angkut ditingkatkan untuk menjamin seluruh permintaan tiket dapat terpenuhi dengan baik.
Sebanyak 240.768 kursi disediakan selama periode tersebut, dengan rata-rata 40.128 seat per hari. Okupansi kursi pun cukup tinggi, mencapai 78%, yang menunjukkan layanan KAI tetap menjadi pilihan favorit masyarakat di tengah berbagai pilihan moda transportasi lain.
Tak hanya dari sisi jumlah dan operasional, kualitas pelayanan juga menjadi perhatian utama. KAI memastikan seluruh fasilitas di stasiun dan dalam kereta dalam kondisi optimal, serta menyiagakan petugas tambahan untuk membantu penumpang dalam proses keberangkatan hingga tiba di tujuan. Selain itu, sistem teknologi informasi seperti pemesanan tiket online dan pengecekan keberangkatan juga ditingkatkan demi mendukung kenyamanan pelanggan.
“KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan dalam menggunakan moda transportasi kereta api selama masa libur panjang Waisak. Kami tetap berkomitmen menghadirkan layanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” kata Ixfan menutup pernyataannya. (Redaksi)